Macam-macam
sumber pembelajaran
1.
Sumber belajar yang dimanfaatkan
Sumber belajar yang tidak secara husus dipersiapkan untuk keperluan instruksional tetapi telah tersedia/dapat diperoleh karena memang sudah ada di alam dan lingkungan sekitar,serta dapat digunakan untuk kepentingan belajar pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan.
Sumber belajar yang tidak secara husus dipersiapkan untuk keperluan instruksional tetapi telah tersedia/dapat diperoleh karena memang sudah ada di alam dan lingkungan sekitar,serta dapat digunakan untuk kepentingan belajar pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan.
2.
Sumber belajar yang dirancang
Sumber belajar yang secara khusus dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional,dalam rangka mempermdah tindak pembelajaran secara formal,untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sumber belajar yang secara khusus dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional,dalam rangka mempermdah tindak pembelajaran secara formal,untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kriteria
memilih sumber belajar
Pemilihan sumber
belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber
belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan.
Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung
dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku
referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.
Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks
tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.
Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file,
folder penyimpanan, dan bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang digunakan sebagai acuan
pembelajaran.
Departemen Pendidikan Nasional
(2008), Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta
materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Kriteria yang harus dipenuhi oleh sumber belajar agar dapat menjadi acuan
belajar adalah:
1.
Ekonomis : sumber belajar tidak harus
terpatok pada harga yang mahal.
2.
Praktis : tidak memerlukan pengelolahan
yang rumit dan tidak boleh langka. Jika sumber pembelajaran dalam
pengelolahannya cukup rumit maka akan menurunkan motivasi pengguna sumber
belajar.
3.
Mudah : sumber pembelajaran harus dekat
dan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna media pembelajaran.
4.
Flexible : sumber pembelajaran harus
dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan instruksional.
5.
Sesuai dengan tujuan : sumber
pembelajaran harus dapat mendukung proses dan pencapaian tujuan belajar yang
ingin dicapai, serta dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.
6.
Sumber pembelajaran sesuai dengan taraf
berfikir dan kemampuan peserta ajar.
7.
Penyampai sumber pembelajaran ( Guru )
harus memiliki kemampuan dan trampil dalam pengelolahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar