Selasa, 07 Agustus 2012

Macam-macam dan Kriteria memilih Sumber Belajar


*      Macam-macam sumber pembelajaran
1.      Sumber belajar yang dimanfaatkan
Sumber belajar yang tidak secara husus dipersiapkan untuk keperluan instruksional tetapi telah tersedia/dapat diperoleh karena memang sudah ada di alam dan lingkungan sekitar,serta dapat digunakan untuk kepentingan belajar pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan.
2.      Sumber belajar yang dirancang
Sumber belajar yang secara khusus dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional,dalam rangka mempermdah tindak pembelajaran secara formal,untuk mencapai tujuan pendidikan.
*      Kriteria memilih sumber belajar
Pemilihan  sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan. Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber, alat dan bahan. Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional, dan bisa langsung dinyatakan bahan ajar apa yang digunakan. Misalnya,  sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referensi, dalam RPP harus dicantumkan bahan ajar yang sebenarnya.
Jika menggunakan buku, maka harus ditulis judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu. Jika menggunakan bahan ajar berbasis ICT, maka harus ditulis nama file, folder penyimpanan, dan bagian atau link file yang digunakan, atau alamat website yang digunakan sebagai acuan pembelajaran.
Departemen Pendidikan Nasional (2008), Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom­petensi. Kriteria yang harus dipenuhi oleh sumber belajar agar dapat menjadi acuan belajar adalah:
1.      Ekonomis : sumber belajar tidak harus terpatok pada harga yang mahal.
2.      Praktis : tidak memerlukan pengelolahan yang rumit dan tidak boleh langka. Jika sumber pembelajaran dalam pengelolahannya cukup rumit maka akan menurunkan motivasi pengguna sumber belajar.
3.      Mudah : sumber pembelajaran harus dekat dan dapat diakses dengan mudah oleh pengguna media pembelajaran.
4.      Flexible : sumber pembelajaran harus dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan instruksional.
5.      Sesuai dengan tujuan : sumber pembelajaran harus dapat mendukung proses dan pencapaian tujuan belajar yang ingin dicapai, serta dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar siswa.
6.      Sumber pembelajaran sesuai dengan taraf berfikir dan kemampuan peserta ajar.
7.      Penyampai sumber pembelajaran ( Guru ) harus memiliki kemampuan dan trampil dalam pengelolahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar